TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)

18:47


Teks LHO itu apa yah? Mengapa harus belajar teks LHO? Simak video berikut ini!


Pantai Amal Tarakan

    Orang Tarakan pasti tahu dengan yang namanya tempat wisata Pantai Amal. Pantai di timur kota yang selalu ramai didatangi karena menjadi sarana hiburan favorit di Tarakan. Amal merupakan nama salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Utara yang terkenal sebagai salah satu sumber minyak terbesar di Indonesia.

    Pantai Amal adalah salah satu wisata pantai di kota Tarakan. Pantai Amal merupakan pemukiman warga yang berada di pesisir timur kota Tarakan. Kata 'Amal' sendiri merupakan akronim dari Area Militer Angkatan Laut. Mengulas sejarah Kota Tarakan pada zaman penjajahan merupakan tempat pendaratan pertama tentara Jepang pada tahun 1941 tepatnya di pantai Amal mengingat Pulau Tarakan adalah Pulau kecil yang di kelilingi laut  sehingga hampir semua wilayah pesisir menjadi kawasan armada angkatan laut.

    Pantai Amal, terdiri dari 2 buah pantai, yaitu pantai amal baru dan pantai amal lama. Tidak ada yang berbeda dari kedua pantai tersebut karena lokasinya yang sama hanya karena wilayah pesisir pantai yang panjang sehingga dibedakan dalam penamaannya. Pantai Amal mempunyai ombak yang tidak terlalu tinggi dengan pasirnya yang berwarna cokelat. Saat ini, selain menjadi tempat mencari ikan dan kapah bagi nelayan, Pantai Amal juga dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut. Masyarakat daerah pesisir memanfaatkan hal tersebut sebagai mata pencaharian. Selain itu, mereka juga menjadikan rumah mereka sebagai tempat bersantai bagi pengunjung pantai ketika berwisata ke pantai Amal didesain sedemikian rupa agar nyaman bagi pengunjung. Mereka juga menyediakan berbagai macam kuliner dan jajanan untuk dijual kepada pengunjung.

    Daya tarik dari Pantai Amal adalah keindahan dan kuliner tradisional yang ditawarkan oleh masyarakat pesisir. Makanan hasil laut dan tradisional seperti kapah, udang, gorengan, es rumput laut, buras, dsb dapat dinikmati sambil menikmati indahnya pesona Pantai Amal.

Apakah video dan teks tersebut termasuk teks Laporan Hasil Observasi (LHO) ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita simak penjelasan berikut ini! 

A. Pengertian, Ciri-ciri dan Fungsi Teks LHO 

Laporan Hasil Observasi adalah teks yang berisi tentang laporan dari sebuah objek dengan tujuan menambah pengetahuan pembaca. LHO juga harus menjelaskan tentang klasifikasi dari objek yang dilaporkan. Jenis teks LHO adalah teks nonfiksi. Ciri-ciri teks LHO:

1. Berbentuk paragraf dan tiap paragraf terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas baik berbentuk deduktif, induktif maupun campuran.

2. Tujuannya mengklasifikasikan sebuah objek dan menambah pengetahuan pembaca.

3. Isi dalam teks LHO berupa fakta.

4. Teks LHO bersifat objektif, faktual dan universal

Mengapa teks di atas dapat dikatakan sebuah teks LHO ? Jika dilihat dari ciri-ciri dan fungsi teks tersebut semuanya mengacu pada ketentuan teks LHO. Jadi dapat disimpulkan bahwa teks tersebut adalah teks LHO.

B. Pemodelan Teks (Struktur) LHO

Secara umum, struktur teks LHO ada 2, yaitu; 

1. Pernyataan umum / Klasifikasi

2. Aspek-aspek yang dilaporkan

Pernyataan umum pada teks LHO dapat berisi pengertian/definisi dari objek, klasifikasi/pengelompokkan dari objek sehingga terdapat batasan dalam penjelasannya.

Aspek-aspek yang dilaporkan pada teks LHO berupa deskripsi bagian dan deskripsi manfaat dari objek. Tidak ada kesimpulan dalam teks LHO..

Simaklah video berikut tentang struktur teks LHO






Previous
Next Post »
0 Komentar